PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
| |||||
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
| ||
1
| Standar Isi | 1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP 2. Melibatkan TIM penyusun KTSP 3. Pengaturan beban belajar 4. Penentuan KKM 5. Penyusunan Kalender Pendidikan 6. Mata Pelajaran Muatan Lokal 7. Kegiatan Ekstrakurikuler 8. Pengembangan Silabus dan RPP |
1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP 2. Melibatkan TIM penyusun KTSP 3. Pengaturan beban belajar 4. Penentuan KKM 5. Penyusunan Kalender Pendidikan 6. Mata Pelajaran Muatan Lokal 7. Kegiatan Ekstrakurikuler 8. Pengembangan Silabus dan RPP |
||
2
| Standar Proses | 1. 18 mata pelajaran memiliki RPP 2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam 3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran 4. Supervisi kelas 5. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan |
1. 18 mata pelajaran memiliki RPP 2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam 3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran 4. Supervisi kelas 5. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan |
||
3
| Standar Kompetensi Lulusan | 1. Siswa lulus diatas KKM 2. Ketersediaaan bahan ajar 3. Penggunaan Lab. Komputer 4. Penegakaan tata tertib sekolah 5. Peringatan Hari besar keagamaan dan hari besar nasional 6. Pembiasaan Hidup bersih dan sehat 7. Ibadah sholat berjamaah 8. Latihan musik hadrah |
1. Siswa lulus diatas KKM 2. Ketersediaaan bahan ajar 3. Penggunaan Lab. Komputer 4. Penegakaan tata tertib sekolah 5. Peringatan Hari besar keagamaan dan hari besar nasional 6. Pembiasaan Hidup bersih dan sehat 7. Ibadah sholat berjamaah 8. Latihan musik hadrah |
||
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan | 1. Pendidik latar belakang S1 2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan (FKIP) 3. Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian,manajerial, supervisi 4. Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK 5. Kepala sekolah pendidikan terakhir S-1 6. Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 persen 7. Kelulusan siswa tiap tahun 100 % 8. Memiliki penjaga sekolah |
1. Pendidik latar belakang S1 2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan (FKIP) 3. Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian,manajerial, supervisi 4. Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK 5. Kepala sekolah pendidikan terakhir S-1 6. Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 persen 7. Kelulusan siswa tiap tahun 100 % 8. Memiliki penjaga sekolah |
||
5
| Standar Sarana dan prasarana | 1. Sekolah berada dilokasi yang aman 2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah 3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa 4. Struktur bangunan stabil dan kokoh 5. Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebuthan 6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup 7. Instalansi listrik 9500 watt 8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala 9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah,UKS, jamban/WC, Gudang, Lab Komputer siswa 10.Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas 11.Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu : Matematika, IPS, PPkn., Bahsa Indonesia Agama (milik sekolah) 12.Sekolah baru memiliki 4 Mata pelajaran yang ditetapkan oleh Diknas (Buku BSE)Ruang kepala sekolah dan guru sesuai ketentuan 13.Memiliki Lab IPA dalam Almari 14.Memiliki sarana olah raga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder |
1. Sekolah berada dilokasi yang aman 2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah 3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa 4. Struktur bangunan stabil dan kokoh 5. Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebuthan 6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup 7. Instalansi listrik 9500 watt 8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala 9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah,UKS, jamban/WC, Gudang, Lab Komputer siswa 10.Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas 11.Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu : Matematika, IPS, PPkn., Bahsa Indonesia Agama (milik sekolah) 12.Sekolah baru memiliki 4 Mata pelajaran yang ditetapkan oleh Diknas (Buku BSE)Ruang kepala sekolah dan guru sesuai ketentuan 13.Memiliki Lab IPA dalam Almari 14.Memiliki sarana olah raga, alat musik untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder |
||
6
| Standar Pengelolaan | 1. Sekolah memiliki visi dan misi 2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama 3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan. 4. Sekolah memiliki struktur organisasi 5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis 6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi 7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum KTSP 2006 8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas 9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur 10.Evaluasi kinerja pendidik secara periodik |
1. Sekolah memiliki visi dan misi 2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama 3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan. 4. Sekolah memiliki struktur organisasi 5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis 6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi 7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum KTSP 2006 8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas 9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur 10.Evaluasi kinerja pendidik secara periodik |
||
7
| Standar Pembiayaan | 1. Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana 2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru 3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK 4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa 5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel |
1. Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana 2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru 3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK 4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa 5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel |
||
8
| Penilaian Pendidikan | 1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester 2. Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan kepribadian 3. Sekolah mengkoordinasi-kan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia 4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama 5. Rata-rata kelulusan diatas KKM 6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus |
1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester 2. Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan kepribadian 3. Sekolah mengkoordinasi-kan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia 4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama 5. Rata-rata kelulusan diatas KKM 6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus |
Update : 03/2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar